Sabtu, 20 Desember 2008

Jenis Uang plastik / jenis kartu


Uang plastik merupakan produk bank yang di modifikasi untuk berbagai kebutuhan, uang plastik terdiri dari :
a. Kartu Atm / Kartu Debit : Kartu yang berfungsi sebagai kunci untuk transaksi di mesin Atm seperti ; transfer cek saldo, pembayaran kartu kredit juga untuk mengambil uang dari mesin ATM dan bisa juga untuk transaksi retail dengan jaringan tertentu. Saat ini hampir semua bank melengkapi kartu Atmnya dengan fasilitas transaksi retail dengan menggunakan jaringan mastercard dan visa.

b. Kartu Kredit : Secara kongkrit sama bentuknya dengan kartu Atm hanya saja, kartu kredit mempunyai limit kredit, yang ditentukan oleh bank penerbitnya dan pembayarannya bisa dilakukan secara kredit. Kartu kredit umumnya bekerja sama dengan jaringan mastercard, visa, atau JCB.


c. Charge Card : Kartu yang satu ini sama dengan kartu kredit hanya saja cara pembayarannya tidak dimungkinkan secara kredit. Cara pembayaran ini yang menyebabkan Charge card tergusur dengan kartu kredit. Contoh charge card yaitu : Amex dan Dinners club, bahkan saat ini Amex juga telah mengeluarkan kartu kredit begitu juga BCA Card yang dulunya charge card menjadi kartu kredit.

1 komentar:

Warna Tulisan mengatakan...

mas Budi mestinya kerja di Bank ata lembaga keuangan ..., kayanya serba tahu. Salam