Kamis, 05 Maret 2009

Limit Kredit Tidak Sesuai


Ketika kita mengajukan permohonan kartu kredit ataupun Personal loan terkadang ada rasa tidak puas ataupun complain terhadap Kartu kredit yang disetujui, baik limit kredit ataupun jumlah kredit yang disetujui pada product personal Loan.
Permohonan kartu kredit ataupun personal loan biasanya dilengkapi dengan berbagai document document persyaratan :

  • Wiraswasta : Foto copy KTP/paspor, Copy kartu kredit,SIUP, TDP, NPWP dan rekening koran ataupun rekening tabungan.
  • Karyawan : Foto copy/ paspor, copy kartu kredit, slip gaji ataupun copy buku tabungan 3 bulan terakhir bila tidak punya slip gaji yang mana system gaji melalui transfer ke rekening.
  • Profesional : Foto copy KTP/ Paspor, Surat Izin Praktek, dan rekening Koran.Baik calon costumer memiliki kartu kredit, rekening koran, tabungan juga account dibank lain, ataupun tidak sama sekali memiliki product bank.
Pihak bank akan melakukan proses permohonan kartu kredit melalui tahapan sebagai berikut :
  • Proses verifikasi calon costumer, yang mencakup data – data identitas, tanggal lahir, alamat dan lain-lain.
  • Cross cek data historis calon costumer di bank lain melalui AKKI ataupun ( SID ) Bank Indonesia sehingga calon customer bisa dikatagorikan : Black list, DPK, macet atau lancar.
  • Cross cek kondisi sebenarnya calon costumer baik tempat tinggal, bissnisnya hingga tempat dimana calon costumer bekerja.
  • Kemudian tahapan dimana calon costumer akan ditentukan limit kredit, jenis kartu kredit, ataupun jumlah kredit yang disetujui bila product personal loan.Untuk menentukan jumlah kredit limit ataupun jenis kartu kredit akan diperhitung dari penghasilan yaitu slip gaji bila calon costumer tersebut adalah karyawan. Dan dihitung mutasi kredit atau omzet bila calon costumer tersebut wiraswasta atau professional juga saldo akhir tabungannya. Kemudian diperbandingkan dengan jumlah kewajiban / angsuran yang dimiliki dan sedang berjalan di tempat lain. Yaitu maksimal 70 % dari penghasilan untuk membayar kewajiban 30 % untuk pengeluaran pribadi. Jangan melebihi penghasilannya entar makan pakai apa kalau gaji habis buat bayar utang….!!
Sehingga permohonan kartu kredit platinum disetujui Gold, atau sebaliknya hal tersebut kurang lebihnya berlaku juga buat personal loan, pada saat calon costumer mengajukan permohonan 100 juta, ternyata hanya disetujui 35 juta.
Ya….begitulah….”Jangan sampai besar pasak daripada tiang”.