Rabu, 06 Januari 2010

Cara Membuka account Merchant











Postingan ini menjawab dari beberapa Sobat blogger yang menanyakan tentang “Bagaimana cara menerima transaksi dengan pembayaran kartu kredit ?
Bagi para pedagang barang ataupun jasa yang ingin agar bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit/ credit card ataupun kartu debit/ debit card sebenarnya sangat mudah hanya dengan melengkapi beberapa persyaratan document :
- Copy KTP
- Copy SIUP
- Copy NPWP
- Memiliki rekening bank bisa tabungan ataupun rek Koran.

Mungkin ada juga sobat yang menanyakan “ Gimana bila usahanya belum ada SIUP…?” Ada beberapa bank yang memberikan deviasi misal : hanya dengan Copy KTP & copy NPWP saja, atau copy KTP & copy sewa ruko, tergantung policy bank tersebut.
Setelah perlengkapannya ada, kemudian mengisi form permohonan pembukaan account merchant dan menandatangani agreement bermeterai.

Yang perlu diperhatikan dari agreement tersebut adalah :

Discount rate
Discount rate biasanya ditentukan dari jenis bidang usaha dari calon merchant, dan perkiraan omzet transaksi pembayaran dengan kartu kredit dengan kisaran 2% s/d 3%.

Biaya – biaya yang dibebankan pada merchant

Biaya umumnya mencakup dari sewa EDC (Electronic Data Capture ) tiap bulannya, kertas struck, dll. Tapi jangan kawatir,….!! ada juga yang free, tetapi akan di kompensasi pada target transaksi kartu kredit…..hehe….berapa kira – kira ya….?

Fasilitas mencakup peralatan/ mesin otorisasi

Mesin otorisasi yang sering disebut alat gesek kartu kredit ada yang menual, dan mesin EDC menggunakan fixed line juga EDC wireless.

Ada salah satu syarat dari beberapa bank, agar calon merchant untuk membuka account di bank tersebut tetapi tidak mutlak. Tujuannya agar lebih mudah atau lebih cepat proses klaim transaksi.

Yang terakhir calon merchant diminta oleh bank untuk membuka account dibank tersebut selain sebagai sarana penerima dana klaim juga mensyaratkan dana tersebut dihold/ ditahan sebagai jaminan selama merchant tersebut active.
Cukup sekian dulu agar tidak kepanjangan………..nanti pasti aka ada yang menanyakan “ gimana cara agar bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit tapi orangnya di luar negeri ?” hehe Insyaallah disambung lagi………. semoga bisa membantu……..untuk lebih detail sebaiknya ke bank anda….

7 komentar:

vito winarianto mengatakan...

Pertamax gann^^
thanks for info..

salam blogger:)

Johnson Manurung mengatakan...

informasinya sangat menarik & tepat sekali ...
mas Budi kerja di bank ?
Salam

Halo Coy mengatakan...

thanks infonya friend. yg brg antik itu ukiran Cirebon. ok ya

Sahnan mengatakan...

Apakah kita bisa menerima pembayaran, hanya dengan mengetahui Nomor kartu yang valid, masa berlaku dan nama pengguna, tanpa mengetahui Verifikasi Number?
atau bagaimana cara transaksi via telehone?

Agung Frans mengatakan...

Bagaimana caranya install di website untuk pembayaran online dengan kartu kredit? oiya, pertanyaannya pak Sahnan juga perlu tu diberikan jawaban :)

Thanks informasinya :)

Admin mengatakan...

@Mas Agung coba cek link : http://wordpress.org/extend/plugins/rezgo/screenshots/. barangkali bisa dipakai..thank's

La Ode Amir Jaya, S.Si mengatakan...

Terima kasih atas infonya