Rabu, 17 November 2010

Keamanan Internet Banking


Internet banking saat ini sudah merupakan cara yang dianggap effisien dalam melakukan transaksi perbankan, seperti : check saldo, transfer, ataupun pembayaran kartu kredit dilakukan dengan cara internet banking.

Ketika melakukan transaksi internet banking yang perlu dihindari adalah resiko kerugian akibat kecerobohan kita sebagai pengguna layanan internet banking yaitu dengan mewaspadai :

1. Website palsu.
Ketika melakukan pencarian website untuk melakukan transaksi internet banking sebaiknya pastikan agar tidak nyasar ke website palsu atau website plesetan.

2. Pengintai.
Agak sulit menghindari pengintai karena data yang terkirim melalui LAN ataupun Wifi akan mudah ditangkap oleh pihak ketiga/pengintai menggunakan software sniffer. Pelayanan internet banking yang baik akan melindungi costumer dengan system enkripsi yang baik karena data yang dienkripsi atau acak dengan tinggat tinggi meskipun jatuh ketangan pihak ketiga/pengintai akan sulit membacanya/diskripsi.

3. Keyloger.
Keyloger mungkin sudah familiar ditelinga kita biasanya berupa virus keyloger, keyloger mampu mencuri ketikan dikeyboard sehingga ketika kita mengetik password dengan keybord akan dengan mudah dibaca oleh keyloger. Sebaiknya menggunakan keybord

4 komentar:

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

nice posting mas Budi memang kita harus ekstra hati2 bertransaksi internet banking. Salam

budiawanhutasoit mengatakan...

thanks utk infonya mas..
saya sendiri sangat jarang menggunakan internet banking. agak rawan aja.
mending pake sms banking..:D

Tutorial Blog mengatakan...

wah,,iya nih untuk urusan yang satu ini saya masih meragukan keamanannya,,,apalagi sekarang hacker-hacker uda pada canggih-canggih,,,ngeri kalu akun kita dibobol,,,

lam kenal, kawan.. :)

Chenk Rahman mengatakan...

Thanks atas infonya mas...sangat membantu dan jadi tahu...
Indonesia Siap Bersaing di SERP